Bagusnya Bunga Sistem Resi Gudang di Bawah 6 Persen

No Comment Yet

Djakartanews. Sistem Resi Gudang (SRG) kini telah menjadi solusi bagi para petani untuk pengendalian stok saat musim panen. Sistem efisiensi mata rantai ini telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2006 tentang Sistem Resi Gudang.

Wakil Direktur INDEF, Eko Listiyanto mengatakan seringkali pada saat musim panen raya harga beras cenderung turun. Oleh karena itu, petani dapat menyimpan hasil panen di SRG sembari menunggu harga membaik. selain itu Dilakukan pemetaan perkembangan margin komoditas, sehingga pemetaan tersebut dapat diikuti oleh rencana aksi stakeholder untuk meningkatkan penerapan SRG Ujarnya.

Ia mengungkapkan, salah satu persoalan SRG di tengah pandemi COVID-19 adalah suku bunga kredit yang tinggi 6 persen. Hal ini menurutnya akan membebani para petani dalam menitipkan hasil panennya kepada pemilik SRG.
“Suku bunga 6 persen (itu) ketinggian dalam kondisi saat ini, diupayakan bisa lebih turun lagi dari 6 persen,” katanya dalam webinar Indef yang bertajuk Reaktualisasi Sistem Resi Gudang, Selasa (25/5).

Meski demikian konsep SRG ini sebaiknya dapat juga menjamin produk yang dihasilkan dari para petani. Selama ini salah satu persoalan SRG yaitu belum adanya pembeli akhir. Hal ini yang membuat SRG masih bergantung pada pemerintah daerah yang menjadi pembeli akhir. Ia juga mendukung jika suku bunga kredit SRG khusus sub sektor komoditas di bawah 6 persen.

“Harus ada pembeli akhir, pertama barang di gudang mereka tidak tau siapa maka barang seperti apa apakah benar standar dan biaya mahal. Dan ini konsep baru ke depan harus diubah juga konsepnya jangan-jangan tidak ada pembeli akhir susah, “Mestinya pemerintah membedakan komoditas lebih rendah dibanding perdagangan. Jadi harus dilihat tingkat kebutuhan setiap sektor, jadi harusnya bunga (di bawah) yang 6 persen itu,” ucapnya. (RMN)

djakartanews

Author

djakartanews

Up Next

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *